Berbagai Layanan Video Conference Untuk Mendukung Work From Home di Masa Pandemi Covid-19

Berbagai Layanan Video Conference Untuk Mendukung Work From Home di Masa Pandemi Covid-19
Semenjak virus corona jenis COVID-19 merajalela karena penyebarannya yang begitu cepat, maka sebagian besar perguruan tinggi menerapkan WFH atau Work From Home untuk kegiatan perkuliahan dan administrative lainnya. Universitas Alma Ata juga menerapkan WFH ini bagi karyawan dan dosen di lingkungan Alma Ata, sehingga mahasiswapun juga harus melakukan SFH atau Studi From Home.
SFH ini sebelumnya juga pernah dan masih dilakukan di UAA singkatan dari Universitas Alma Ata yaitu melalui elearning yang ada di elearning.almaata.ac.id. Namun untuk berbagai keperluan maka di lingkungan UAA juga mulai menggunakan video conference untuk tatap muka online, rapat, ataupun webinar.
Berikut adalah beberapa jenis layanan video conference yang bisa digunakan:
Layanan aplikasi ini maksudnya adalah video conference yang bisa digunakan ketika menggunakan aplikasi, seperti:
  1. 1.  Zoom
  2. 2.  Skype
  3. 3.  Webex
  4. 4.  Google Hangout
  5. 5.  Microsoft Teams
  6. 6.  dll
  7. B.  Layanan Web
Merupakan video conference yang bisa digunakan tanpa instalasi aplikasi tambahan, jadi hanya menggunakan browser, seperti:
  1. 1.  Litemeet.id
  2. 2.  Meet.Jit.si
  3. 3.  Microsoft Teams
  4. 4.  Meet.biznetgio.com

 

Silakan pilih dan dipergunakan dengan maksimal, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika peserta semuanya adalah local dalam artian tidak ada yang mengakses dari luar negeri, maka disarankan menggunakan layanan yang servernya juga di dalam negeri agar lebih cepat aksesnya karena bandwith local dan misalkan ada sesuatu hal mungkin sifatnya sensitive data kita tidak tercemar ke luar negeri.
Penulis: Tri Rochmadi

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat