Fakultas Komputer - Universitas Alma Ata

Program Studi Sistem Informasi

Sistem informasi yaitu suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi. Biasanya suatu perusahan atau badan usaha menyediakan semacam informasi yang berguna bagi manajemen. Program Studi Ilmu Sistem Informasi UAA menekankan pada implementasi teknologi dan sistem informasi yang dimiliki selaras dengan strategi bisnis perusahaan, agar dapat tercipta keunggulan kompetitif dalam bersaing (the value of information technology to the business).

Program Studi sistem informasi lebih berfokus kepada menganalisa kebutuhan dan proses bisnis perusahaan, serta mampu menghasilkan sistem yang sesuai untuk perusahaan berdasarakna tujuan perusahaan. Secara sederhana teknik informatika fokus kepada cara menghasilkan sebuah program (teknik pemograman), sedangkan sistem informasi lebih untuk menganalisa kebutuhan akan sistem dari suatu perusahaan dan menrancang sistem yang sesuai kebutuhan dan tujuan untuk perusahaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa selain belajar teknik pemograman dalam jurusan sistem juga mempelajari proses bisnis yang ada dalam perusahaan. Sistem Informasi mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi. Kurikulum Program Studi Sistem Informasi bersifat khas karena dibangun di atas 3 (tiga) bidang yaitu: komputer, manajemen dan bisnis. Program ini akan memberikan ilmu mengenai empat peran , yaitu pengembang sistem informasi (IS Developer), konsultan dan integrator sistem, spesialis database, dan akademisi sistem informasi. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali keterampilan dalam merancang dan menganalisis kebutuhan sistem informasi untuk organisasi, merancang pengembangan proyek dalam konteks sistem informasi secara komprehensif menggabungkan aspek infrastruktur IT (teknologi informasi),  seperti hardware, sofware, jaringan, data, hirarki organisasi, proses dan prosedur, sumber daya manusia dan budaya, dan kebijakan dan regulasi.

Mahasiswa jurusan sistem informasi dibekali dengan kemampuan antara lain: pemrograman, jaringan komputer, basis data, pengembangan software. Sedangkan pengetahuan tentang manajemen dan bisnis mereka akan dikembangkan melalui mata kuliah mengenai berbagai proses bisnis yang umum dalam organisasi seperti: administrasi bisnis, sistem informasi akuntansi, pengembangan dan pemasaran produk, perilaku organisasi. Dalam peranan diperusahaan sistem informasi menjadi jembatan yang menghubungkan antara programmer dan para manajemen dalam perancangan sistem. Sistem informasi akan menaganalisa kebutuhan akan sistem dari para manajemen diperusahaan, kemudian menerjemahkannya menjadi suatu user requirement untuk diserahkan kepada bagian programmer untuk membangun sistem terserbut. Sehingga dalam perusahaan terkadang lulusan sistem informasi memiliki jabatan yang lebih tinggi dari jurusan teknik informasi.

Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.
Powered by