Seminar Online “MENGELOLA HUBUNGAN PELANGGAN”

Seminar Online “MENGELOLA HUBUNGAN PELANGGAN”

Seminar Online Chapter1.1 “MENGELOLA HUBUNGAN PELANGGAN”

Bulan Ramadhan tahun ini sungguh terasa berbeda karena kita berada ditengah Pandemi Covid-19 yang bahkan menyeluruh sampai ke berbagai negara. Dengan adanya Covid ini sangat berdampak dengan kehidupan kita sehari-hari, yang mengharuskan kita untuk melakukan segala aktifitas #dirumahaja demi mencegah penularan virus Covid-19. Meskipun demikian, walaupun kita terbatas ruang dan gerak kita harus bisa untuk tetap produktif. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan Seminar Online.

Perkembangan dan peningkatan jasa pada perusahaan dari tahun ke tahun semakin menjadi perhatian masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari adanya persaingan yang ketat dalam hal kualitas pelayanan. Dalam kondisi persaingan yang semakin ketat tersebut, hal utama yang diprioritaskan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan adalah kepuasan pelanggan agar dapat bertahan yang mengakibatkan peningkatan loyalitas untuk menguasai pasar. Perusahaan dituntut berusaha membuat pelanggan merasa puas dengan memberikan penawaran dan pelayanan yang lebih baik, mengingat perusahaan harus mampu untuk dapat mempertahankan posisi pasarnya ditengah persaingan yang semakin ketat. Salah satunya dengan mengembangkan strategi untuk mempertahankan konsumen melalui kualitas jasa. Strategi yang ditempatkan untuk dapat mempertahankan loyalitas pelanggan adalah dengan meyediakan jasa layanan yang berkualitas, sehingga disini pihak manajemen perusahaan harus memperhatikan kualitas yang sesuai dengan yang diharapkan konsumen.

Pada kesempatan kali ini, Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Unversitas Alma Ata (HIMSI UAA) mengadakan Seminar dengan tema “ SEMATI (Seminar Informasi & Teknologi )” pada Chapter#1.1 Kamis,14 Mei 2020 dengan sub tema “MENGELOLA HUBUNGAN PELANGGAN” secara Online melalui platfrom Google Teams. Seminar
SEMATI ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta dengan berbagai daerah dan instansi. Serta mengundang Pembicara-pembicara dari Fakultas Komputer Universitas Alma Ata Yogyakarta yaitu: Pemateri Pertama : Yanuar Wicaksono, S.Kom.,M.Kom (Kaprodi Sistem Informasi) Materi : “Mengelola Hubungan Pelanggan” Pemateri Kedua:  Setyoningsih Wibowo, M.Kom (Dosen Informatika Universitas PGRI Semarang) membawakan Materi :  “Loyalitas Pelanggan With NN + GA”

Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dalam suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan. CRM menganggap pelanggan sebagai inti dari bisnis dan keberhasilan perusahaan bergantung pada hubungan dengan pelanggan yang dikelola secara efektif. CRM berfokus pada hubungan pelanggan jangka panjang dan berkelanjutan, yang nantinya akan menambah nilai bagi pelanggan dan perusahaan.

Konsumen selalu memiliki keinginan dan kebutuhan yang selalu berkembang dan berubah seiring berjalannya waktu. Adanya perubahan dalam kebutuhan dan keinginan ini sering menyebabkan perubahan juga dalam keputusan pembelian yang dilakukan konsumen, dimana perubahan ini menuntut setiap perusahaan untuk selalu dapat memiliki strategi jitu untuk membuat perusahaannya memiliki daya saing yang kuat di pasaran. Saat ini dalam hal keputusan pembelian produk maupun penggunaan jasa oleh konsumen diakui lebih selektif dan kritis. Para konsumen tidak akan secara random membeli produk hanya dengan melihat bentuk fisiknya saja, tetapi dari segi pelayanan, yang mencakup tahap sebelum pembelian dan pasca pembelian pun juga akan sangat dipertimbangkan. dari acara Seminar Online yang bertemakan SEMATI (Seminar Informasi dan Teknologi) ini, merajut banyak sekali ilmu. baik pengenalan untuk mengelolah hubungan-hubungan kepelanggan hingga membahas tentang Loyalitas Pelanggan menggunakan NN+GA.
Loyalitas adalah kesetiaan pelanggan terhadap barang atau jasa. Churn adalah berpindahnya pelanggan dari satu provider ke provider lainnya. Churn bisa diprediksi dengan menggunakan NN (Neural Network), sedangkan GA (Algoritma Genetika) merupakan fitur pilihan.

Materi dapat diunduh pada link berikut.
Notulis dapat diunduh pada link berikut.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*