Fakultas Komputer - Universitas Alma Ata

Tutorial : Greenscreen Dengan Alat Sederhana Hasil Memuaskan

Tutorial : Greenscreen Dengan Alat Sederhana Hasil Memuaskan

Bagi anda yang sering bergelut dengan bidang multimedia, terutama perfilman, pastinya sudah tak asing lagi dengan greenscreen. Dimana greenscreen itu sendiri adalah video yang sengaja diambil dengan background berwarna hijau. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar video tersebut bisa ditimpa di atas video lainnya. Kemudian background hijau tersebut bisa dihilangkan. Teknik penggabungan video dengan greenscreen ini juga dikenal dengan istilah chroma key atau kunci kroma. Untuk lebih mengenal teknik ini, ada baiknya anda simak tutorial greenscreen berikut ini.

Tutorial Greenscreen

Tutorial multimedia film greenscreen bisa anda lakukan dengan alat yang sederhana. Sebut saja kamera, tripod, shoulder, lighting stand, kabel roll, paku tembok, kostum pemeran, alat band, wardrobe dan kain greenscreen. Setelah semua peralatan siap, anda bisa melakukan perekaman video. Selesai membuat video, anda bisa melakukan proses editing. Dimana editing ini bisa memanfaatkan Software Filmora dan memilih Full Feature Mode.

Langkah selanjutnya, anda pilih video yang akan anda timpa dengan video greenscreen. Jika sudah, anda bisa memasukkan video tersebut dalam area pengerjaan dan pilih video greenscreen yang sesuai dengan kebutuhan anda. Lalu pilih Green Screen. Ketika muncul popup layar baru, anda bisa memilih menu di atas bertuliskan Effect. Jika anda sudah memastikan ada di menu Chroma Key, anda bisa klik kotak kosong sebelum tulisan Make parts of the clip transparent. Di current color, anda pilih warna hijau dan atur intensity levelnya. Klik OK. Langkah terakhir, anda tinggal mengatur penempatan PIP Green screen tersebut.

Tips Sukses Melakukan Teknik Greenscreen

Pada kesempatan kali ini, kami juga akan mengajak anda untuk mengulas mengenai tips sukses dalam mempraktekkan tutorial greenscreen di atas. Adapun salah satu tips yang perlu anda perhatikan ialah memberikan jarak antara objek dengan kameranya. Dengan adanya jarak, maka tak ada pantulan warna yang mengenai objek. Hasil greenscreen nantinya pun tak akan mengecewakan pastinya.

Selain itu, tips sukses dalam tutorial animasi greenscreen lainnya yaitu dengan menggunakan kain greenscreen dengan warna hijau murni. Hal ini dikarenakan tak ada kandungan-kandungan lain sehingga tidak akan berpengaruh terhadap objek. Pastikan juga anda menyesuaikan wardrobe yang akan digunakan. Jangan sampai anda menggunakan wardrobe dengan warna hijau karena sama dengan background yang digunakan.

Tutorial greenscreen di atas akan memberikan hasil yang memuaskan apabila anda memastikan tekstur dan pencahayaannya rata. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat objek tampak rapi. Apalagi jika objeknya menggunakan lebih dari satu orang. Perlu untuk diketahui bahwa objek yang ada di dekat greenscreen ketika proses keying bisa mengalami ketidaksempurnaan yang mana akan menghilangkan warna hijau. Maka dari itu, pastikan anda memperhatikan tips yang kami bagikan ini agar hasil yang didapat sesuai harapan.

 

Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.
Powered by