Tips Sukses Mengerjakan Tes Potensi Akademik

Tips Sukses Mengerjakan Tes Potensi Akademik

Fakultas Komputer Alma Ata – Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan salah satu jenis tes yang sering digunakan perusahaan untuk merekrut pegawai. Tes ini juga biasa digunakan untuk berbagai keperluan lain seperti perguruan tinggi dan pendaftaran program beasiswa.

Tes ini dilakukan agar dapat mengukur intelektualist seseorang.Dalam tes ini,yang dinilai adalah kemampuan bahasa,matematika,logika,dan juga dapat mengukur kemampuan berpikir,verbal,kreativitas,interpersonal,dan intrapersonal seseorang secara kompleks.

Pada umumnya Tes Potensi Akademik digunakan sebagai bentuk seleksi namun kemudian telah diikuti oleh tes bakat kemampuan khusus.Banyak aspek yang dapat diukur oleh TPA.Penggunaan tes tersebut hanya dapat digunakan untuk mengukur aspek tertentu.Kecerdasan yang dapat diukur yaitu:

Linguistik verbal,kemampuan untuk membaca dan menulis.

Numerik,kecerdasan yang berhubungan dengan angka atau matematika.

Spasial,kecerdasan yang berhubungan dengan kreativitas,seperti kesenian dan desain.

Fisik,kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan fisik,misalnya olahraga.

Lingkungan,berhubungan dengan kecerdasan yang mampu berhubungan dengan alam.

Interpersonal,kecerdasan yang dimiliki oleh orang yang mampu bicara dan berkomunikasi dengan orang lain secara mudah.

Intrapersonal,kecerdasan emosi dan emosional,yakni kemampuan seseorang dalam mengelola emosi dan dirinya sendiri.

Adapun beberapa tips sukses mengerjakan soal TPA,yaitu:

1.Mengerjakan terlebih dahulu soal yang kelihatan mudah.trik ini digunakan untuk dapat menghemat waktu kita dalam mengerjakan soal yang begitu banyak,utamakan mengerjakan soal yang lebih mudah.

2.Baca dan Pelajarilah soal-soal yang pernah kita dapat ketika masih duduk di bangku sekolah atau perkuliahan seperti,matematika,bahasa Indonesia,dan bahasa inggris.

3.Lebih banyak menonton berita dan membaca Koran agar menambah wawasan pengetahuan agar ketika nanti kita menemukan soal-soal dalam bentuk yang berbeda kita sudah bisa tahu cara pengerjaannya.

4.Membeli buku kisi-kisi atau bentuk soal tes TPA dengan demikian,kita akan lebih mudah mengerjakan soal-soal Tes Potensi Akademik dengan baik sesuai apa yang telah kita pelajari.

Kesimpulan : Dengan tips tersebut kita akan dengan mudah mengerjakan soal seseuai yang telah kita ketahui dan pelajari.Dan agar lebih memudahkannya kita perlu juga mengetahui cara belajar dengan baik dengan mengenali tipe soal,pelajari dengan tenang dan fokus,harus pandai mengatur strategi pembagian waktu,dan jaga kondisi kesehatan,dan psikis,serta berdoa.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat